Cari Blog Ini

Kamis, 05 Januari 2012

Ilmuan Dunia

Albert Einstein (1879 – 1955)

Albert Einstein adalah seorang ilmuan terhebat abad ke-20. Cendikiawan tak ada tandingannya sepanjang jaman. Termasuk karena teori “ relativitas ‘ –nya. Sebenarnya teori inni merupakan dua teori yang bertautan sat sama lain : Teori Khusus “ relativitas “ yang dirumuskannya tahun 1905 dan teori umum “ relativitas “ yang dirumuskannya tahun1915, lebih dikenal dengan gaya berat Einstein. Kedua teori ini teramat rumit, karena itu bukan tempatnya disini menjelaskannya.
Einstein lahir tahun 1879 di kota Ulm Jerman. Dia memasuki perguruan tinggi di Swis dan menjadi warga Negara Swiss tahun 1900. Di tahun 1905 dia mendapat gelar Doktor dari Universitas Zurich. Di tahun itu pula dia menerbitkan kertas kerja perihal “ relative khusus “, perihal efek foto elektrik, dan tentang teori gerak Brown. Hanya dalam beberapa tahun saja kertas-kertas kerjanya itu, terutama yang menyangkut relatifitas, telah mengangkatnya menjadi seorang ilmuan paling cemerlang dan paling orisinil di dunia. Teori-teoriny sangat kontroversial. Tak ada ilmuan dunia kecuali Darwin yang pernah menciptakan situasi kontroversial seperti Einstein. Di tahun1913 dia diangkat menjadi mahaguru di Universitas Berlin dan pada waktu yang sama diangkat menjadi Direktur Lembaga Fisika “ Kaisar Wilhelm “ serta menjadi anggota Akademi Ilmu Pengethuan Prusia. Jabatan-jabatan ini tidak mengikatnya untuk sebebas-bebasnya mengabdikan sepenuh waktu melakukan penyelidikan-penyelidikan, kapan saja dia suka.
Tepat dua tahun kemudian Einstein berhasil merumuskan “ teori umum Relativitas “. Dan tahun 1921 dia memperoleh hadiah Nobel. Karena Einstein seorang yahudi, kehidupannya di jerman menjadi tidak aman begitu hitler naik berkuasa. Di tahun1933 dia hijrah ke Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, bekerja di Lembaga Studi Lanjutan Tinggi dan di tahu 1940 menjadi warganegara Amerika Serikat. Perkawinan pertama Einstein berujung dengan perceraian, hanya perkawinan keduanya tampak bahagia. Mempunyai dua orang anak laki-laki. Einstein meninggal dunia tahu 1955 di Princeton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar